Java, Programming, Software

Java-Eclipse: Error pada plugin Jigloo GUI Builder versi 4.6.0

Ini adalah pengalaman saya ketika hendak mencoba memakai plugin untuk desain GUI (GUI Builder istilahnya) yang bernama Jigloo. Jigloo adalah sebuah plugin GUI Builder–sebuah produk dari Cloud Garden yang bisa ditambahkan pada Eclipse.

Pertama saya coba menginstalnya secara offline. Maksudnya di sini adalah dengan mendownload dulu jigloo, kemudian menginstallnya dengan cara meng-copy-paste kan file-file nya ke dalam folder yang sesuai. Kemudian saya coba buka eclipse untuk segera mencoba mendesain GUI dengan jigloo. Setelah saya coba ternyata jigloo tidak dapat berfungsi dengan benar. Setiap kali saya  meletakkan sebuah control pada form, selalu gagal.

Terbersit di pikiran saya untuk mencoba menginstall jigloo lagi, tapi kali ini secara online melalui submenu update new software di menu Help pada eclipse. Setelah proses instalasi selesai  (relatif cukup lama jika dibandingkan waktu download plugin package jigloo untuk instalasi secara manual), saya restart eclipse. Saya coba membuat lagi project baru, membuat Dialog baru, mencoba memasang control pada dialog, dan ternyata sama saja… jigloo tetap error.

Kemudian saya coba periksa di jigloo parsing log, saya melihat error seperti di bawah ini:

Error: java.lang.NoClassDefFoundError: de.gebit.s2j.smalltalk.gui.EnfinLayout
com.cloudgarden.jigloo.properties.descriptors.LayoutPropertyDescriptor.<init>(LayoutPropertyDescriptor.java:87)

Setelah googling kesana-kemari, kesitu-kesini mencari informasi (sebenarnya gak juga :P), ternyata biang keladi error ini adalah karena ada llibrary yang dibutuhkan supaya jigloo, ternyata tidak ditemukan oleh eclipse. File library ang dimaksud bernama enfinlayout.jar. File library yang seharusnya ada di dalam subfolder plugin jigloo, persisnya di folder lib ini ternyata tidak ditemukan di situ karena tidak ikut terdownload ketika kita menginstal plugin jigloo baik secara offline maupun online. Entah ini kesalahan dari pihak Cloud Garden sebagai vendor ataukah memang sengaja tidak disertakan di dalam paket download Jigloo karena alasan tertentu. Untuk pastinya mungkin harus dilakukan survey lebih lanjut😛 .

Btw, terus solusinya bagaimana ?

Solusinya ternyata gampang aja, yaitu dengan men-download library enfinlayout.jar kemudian meletakkan filenya di folder yang benar yaitu di dalam folder lib — subfolder com.cloudgarden.jigloo_4.6.0. Jadi struktur folder/directory nya seperti ini : plugins\com.cloudgarden.jigloo_4.6.0\lib

Link untuk download enfinlayout. jar ada di sini.

Kembali ke halaman utama.

Standar

5 thoughts on “Java-Eclipse: Error pada plugin Jigloo GUI Builder versi 4.6.0

  1. silvi berkata:

    sya jg ksulitan wktu memakai jigloo,,
    kesulitannya adalah saya tdk bs drag n drop ktika ingin membuat form.
    mohon bantuannya,
    apa ada file yg corupt wktu saya install jigloo??
    thanx b4

    • Coba instal secara manual saja. Download lagi jigloo, kemudian copy kan file-filenya pada folder yang sesuai. Cek juga library-library nya, apakah sudah lengkap atau tidak, dan pastikan enfinlayout.jar sudah ada di situ. Semoga membantu.

      • silvi berkata:

        akhirnya,,jigloonya sudah bs dgunakan..
        thanx gan.
        sangat membantu..
        btw saya mau tanya cara memanggil aplikasi downloader kedalam swt browser dari jigloo gmn caranya?

  2. silvi berkata:

    ok,,thanx bgt gan infonya sangat amat membantu,,
    klo saya ada kesulitan lg,,
    blh tanya lagi ya gan..
    pkoknya thx bgt dh..

  3. silvi berkata:

    gan,,swt browser yg dr eclipse itu manfaatin control Active X windows ya?
    jd pas kita running web browsernya export class dr windows..
    gan bantuin sy dunk,,sy sdg Tugas Akhir,,kebetulan sy buat aplikasi SWT Browser,,tp ada kesulitan nh gan,, browser saya ga bs new Tab..
    gmn crnya ya gan biar bs new tab???
    thx sebelumnya gan

Tinggalkan Balasan

